Share Pengalaman : Penyebab Bocor/Rembes Oli Pada Head Honda Verza 150


Halo semua! berjumpa lagi dengan BangSat di sini..

Kali ini BangSat mau berbagi pengalaman yang terjadi pada tunggangan ane, tak lain dan tak bukan adalah Honda Verza 150 (eta, si black scare) lansiran 2013. Salah satunya adalah mengenai kebocoran oli pada mesin atas / head.

Berawal dari rasa pensaran karena motor sering mengalami "noda" hitam pada bagian sekitar head, padahal sudah sering di cuci (seminggu bisa 3x). Dan kejadian itu berulang terus menerus sehingga meluas ke seluruh bagian mesin.

Mungkin bagi ane pada waktu itu, kebocoran ini menyebabkan rasa takut disertai dengan perasaan gelisah dan gunda gulana (wkwkwk, lebay yak?), karena masih awam dengan dunia permesinan.. tanpa babibu lagi ane nanya ke temen ane yang ngerti motor

jadi langsung saja ya ke intinya, berikut penyebab dan solusi daripada masalah rembes/bocor oli dari head honda verza versi pengalaman BangSat-ria :

1. Gasket/karet seal yang sudah getas

Penyebab getas pada karet seal head mungkin bisa pengaruh dari umur/usia pemakaian, atau panas yang berlebih dari mesin. Hilangnya kemampuan karet untuk menahan mengakibatkan munculnya rongga sehingga oli mengalir keluar dan terjadi kebocoran.

Solusinya adalah dengan mengganti karet seal yang sudah getas dengan yang baru. Kalau kesulitan nyari yang verza bisa menggunakan yang honda new mega pro (atau kalau ribet cari yang kode nya : 12391-KRM-840). Harganya sendiri berkisar antara 25-50 ribu.

Seperti ini contohnya (sumber foto : nsr21.wordpress.com)

Adapun bagian yang diganti adalah bagian nomor 2 pada gambar di bawah 
Jika mau mengganti sendiri jangan lupa siapkan kunci ring 8, 10 dan 12

Semisalnya kita tidak sempat menggantinya secara langsung (contoh kasus pribadi: dalam perjalanan touring), ada cara darurat yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan lem threebond. Metode ini dapat memperlambat rembesan oli, nanti jika sempat dan mampu langsung mengganti dengan seal yang baru

Case : motor pribadi
Metode darurat   = 2 kali
Pergantian karet = 2 kali



2. Drat untuk baut penutup kop head sudah dol

Nah, memasuki tahun ke-5 ini, metode tidak mampu menanggulangi masalah rembesan pada head. Awalnya BangSat bingung.. ada apa gerangan wahai motorku? :( namun setelah melihat, menimbang, dan memutuskan bahwa ternyata ada faktor lain yang mempengaruhinya. Ya! dia adalah : Drat pada holder comp. camshaft sudah dol!! (terkedjoet).

kok bisa??

Jadi gini, karena bahan mesin yang sekarang adalah besi campuran + sering buka tutup kop head + cara membaut yang salah = dratnya hancur. Kalau sudah seperti ini mau muter baut sampai kiamat juga kagak beres beres -_-

Part yang dimaksud adalah yang nomor 4
Nah, untuk solusi yang pertama dan pasti adalah dengan mengganti part tersebut dengan yang baru. Untuk kode nya sendiri : 12210-KSP-910, harganya sekitaran 250 ribu-an.

Penampakan aslinya
Untuk yang mencari langkah yang lebih murah bisa menggunakan cara kedua, yaitu dengan pergi ke tukang bubut untuk dibuat ulir/drat baru. Metodenya dicopot dulu partnya, kemudian ditambal dulu dengan besi baru kemudian dibuat drat baut yang baru.

Kebetulan BangSat menggunakan cara yang ke-2 dengan meminta bantuan ke teman. total biaya yang dihabiskan sekitar 60 ribu-an untuk ongkos ke tukang bubutnya. sejauh ini masih aman dan tidak bocor bocor.... hehe


Mungkin sekian dulu sesi berbagi pengalamannya. Semoga bermanfaat, khususnya bagi pemilik motor honda verza.

Waspadalah! Waspadalah!

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Share Pengalaman Perbandingan Oli pada Motor Honda Verza 150

Perjalanan Menuju Bali Menggunakan Sepeda Motor