Proses Mutasi Masuk dan Perpanjangan Pajak 5 tahun Motor Honda Verza 2018

Salam semua, selamat kembali ke Catatan BangSatria

Kali ini Bang Sat mau menceritakan tentang proses pengurusan ulang tahun motor yang telah setia menemani Bang Sat, yaitu si "Black Scar" Honda Verza 150. Tahun 2018 ini si Black Scar sudah memasuki tahun ke 5. Sebenarnya platnya habis dibulan September, tapi mumpung keingetan (takut takut nanti kelupaan terus kelewat) makanya Bang Sat urus sekarang.

Nah, sekarang Bang Sat akan jelasin tentang alur proses yang dilalui pada saat mutasi antar wilayah samsat (dari Bandung Timur ke Bandung Tengah) serta melakukan perpanjangan STNK. Bang Sat buat dalam bentuk se-sedarhana mungkin agar mudah dalam mempelajarinya.

1. Cabut berkas di Samsat Bandung Timur

Cabut berkas ini dilakukan jika kita ingin melakukan mutasi (baik antar wilayah, kota maupun provinsi) dan perpanjangan STNK (yang 5 tahunan). Syarat untuk ambil berkas antara lain : 
- STNK Asli
- BPKB Asli
- KTP

Karena motor Bang Sat masih terdaftar di alamat lama, maka untuk pengambilan berkasnya harus di Samsat Bandung timur. 
(FYI : Samsat Bandung Timur ini merupakan gudang arsipnya di Kota Bandung, jadi jika punya kendaraan tahun 2008 ke belakang ambil berkasnya di sini juga)

Proses ini tidak dipungut biaya a.k.a. Gratis!! Untuk tempatnya sendiri ada di lantai bawah, namun prosesnya sedikit merepotkan karena jalannya & tempatnya kecil + berdesakan + tidak ada pengeras suara, jadi harus extra siaga

2. Mengurus Mutasi Masuk di Samsat Bandung Tengah

Selepas dari samsat Bandung Timur Bang Sat meluncur ke Samsat Bandung Tengah untuk mengurus mutasi masuk antar wilayah. Karena Bang Sat mengurus sendiri, maka persyaratan yang harus disiapkan agar ga bolak balik adalah :

- STNK Asli + FC 4x
- BPKB Asli + FC 4x
- KTP Asli + FC 4x
- Faktur pembelian / kuitansi pembelian + FC 4x
- Map biru (depannya tulis nopol dan nama sesuai stnk)

*Jika mau diwakilkan harap menambah :
- Surat kuasa bermaterai 6000
- FC KTP asli yang punya 1x
- FC KTP yang mengurus 1x

Setelah syarat tersebut lengkap Bang Sat menuju tenda penerimaan formulir untuk mengambil form rekomendasi mutasi masuk, form isian dan form untuk cek fisik

3. Cek Fisik

Tahapan yang dilakukan pada saat hendak melakukan cek fisik adalah :
- Mengisi form yang sudah diberikan dengan menggunakan huruf kapital
- Memberikan berkas ke bagian pendaftaran cek fisik untuk mendapatkan nomor antrian
- Melakukan cek fisik pada nomor rangka dan nomor mesin motor (ini sebenarnya gratis, cuma Bang Sat memberikan uang 10ribu untuk tukang gosoknya)
- Memasukkan kembali berkas yang sudah dicek untuk dilakukan pengesahan
- FC form cek fisik yang sudah diberikan pengesahan sebanyak 2x
- Mengambil berkas

4. Meminta Surat Rekomendasi

Tahapannya antara lain :
- Memberikan berkas dari pos cek fisik
- Memeriksa kelengkapan berkas
- Mengisi form surat rekom
- Membayar biaya administrasi untuk mutasi masuk sebesar 150ribu
- Diberikan FC BPKB, FC STNK dan surat keterangan pengambilan berkas mutasi masuk sebagai surat sementara (lama proses 2 hari)

Sampai tahap ini, Bang Sat sudah berhasil melakukan mutasi masuk dari Samsat Bandung Timur ke Bandung Tengah. Langkah selanjutnya adalah melakukan pembaharuan data BPKB, pembaharuan STNK dan plat nomor baru.

5. Pengambilan Berkas masuk & Pengurusan BPKB

Untuk lokasi nya ada di dalam gedung, dari pintu utama langsung ke sebelah kanan. Nanti kita menyerahkan kembali FC BPKB, FC STNK dan surat pengambilan berkas masuk serta mengisi buku catatan untuk syarat pengambilan berkas. Berkas yang sudah diambil diberikan kebagian loket BPKB untuk pembaharuan data di BPKB. Ketika sudah dinyatakan lengkap Bang Sat diberikan surat pengambilan BPKB, untuk proses nya sendiri memakan waktu kurang lebih 1-2 bulan.

6. Pengurusan perpanjangan STNK dan pajak

Selanjutnya Bang Sat diarahkan ke meja informasi untuk mengambil nomor antrian dan menyerahkan berkas ke loket pajak progresif (lokasinya ada di sebelah kiri dari meja informasi). Setelah menunggu nomor antrian disebut, Bang Sat diminta untuk memasukan berkas ke loket 1B. Bang Sat menunggu sampai nama disebut, kemudian kita diberikan resi untuk selanjutnya berpindah di loket 2B (pembayaran)

Pada saat hendak melakukan pembayaran kita diminta untuk memeriksa kesesuaian data. Setelah dinyatakan sesuai Bang Sat melakukan pembayaran, untuk rinciannya asalah :
- PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) = 243.300 (besaran berbeda tergantung motor masing masing ya)
- SWDKLLJ = 35.000
- Penerbitan & Pengesahan STNK = 100.000

Total keseluruhannya adalah 378.300. Nah, kalau sudah membayar tinggal menunggu untuk pengambilan STNK dan Pajak.

7. Pembuatan TNKB baru

Apa itu TNKB? TNKB adalah akronim dari Tanda Nomor Kendaraan Bermotor a.k.a. plat nomor polisi yang menempel pada kendaraan

Pos Penerbitan TNKB ada di belakang gedung samsat. Syarat untuk membuat TNKB baru adalah menunjukkan STNK dan pajak serta biaya administrasi sebesar 60ribu.

Tada.... akhirnya Bang Sat berhasil melakukan mutasi masuk, pembaharuan BPKB & perpanjangan STNK + TNKB. Jujur, melakukan dengan diri sendiri memberikan kepuasan tersendiri, namun memang ada konsekuensi.. yaitu harus siap dengan alokasi waktu untuk melakukan prosesnya. 

Semoga membatu bagi rekan-rekan yang hendak mengurus dokumen kendaraan tersayang. Kuy lah!

Komentar

  1. Saya punya motor cb taun 73 plat Bandung kota, kondisi pajak mati April 2014 dan stnk mati April 2016.domisili sekarang di Jakarta Selatan,ingin mutasi ke Jawa Timur area Lumajang.
    Kira2 ada arahan atau saran dari Bang Sat untuk saya, klo boleh kasih referensinya.
    Iqbal 082330423432(wa/tlp)
    Terima kasih.
    Salam Bang Sat.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau lihat kondisi motor, berarti ente harus mengurus di samsat Bandung dan lumajangnya.. dan karena motornya udah lama mati suri itu harus mengurus seperti motor yang baru keluar (karena kalau ga salah motor yg mati di atas 2 tahun statusnya menjadi bodong).

      untuk prosesnya mungkin mirip dengan yang bangsat alami.. yang membedakan harus mengurus motor dari awal (supaya dapat nomor stnk dan plat nomor) di samsat Bandung, kemudian bisa lanjut proses mutasinya ke samsat jatim dan samsat lumajang..

      Hapus
  2. Punten bang sat, mau nanya untuk STNK+TNKB baru,waktu terbitnya berapa lama ya? Dan untuk BPKB baru berapa lama?
    Punten, matursuwun bang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. uhm, sepengalaman Bang Sat sih waktunya berkisar antara 1 bulanan untuk STNK + TNKB, dan untuk BPKB jadi dalam waktu 2 bulan. Untuk durasinya bergantung dari dealer tempat beli motor dan ketersediaan bahan untuk membuat STNK dan TNKB. Kalau BPKB sih biasanya jarang telat, yang membuat lama proses waktu di kepolisiannya masbro.

      Hapus
  3. Kak say beli sel karet verse ada ko ada ini waq 087734716615

    BalasHapus
  4. bg sat. biaya admin masuk berkas yg 150 itu resmi gk ya.

    BalasHapus
  5. Kalo kita abis baya pajak 5tahunan terus mau mutasi d pungut pajak lg gx sih..?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Share Pengalaman Perbandingan Oli pada Motor Honda Verza 150

Perjalanan Menuju Bali Menggunakan Sepeda Motor

Share Pengalaman : Penyebab Bocor/Rembes Oli Pada Head Honda Verza 150